Path: Top Research Report S1-Political_and_Social_Science Faculty_of_Social_and_Political_Sciences 2001

Kampanye dan pemilihan umum: kajian tentang pengaruh kampanye terhadap preferensi pilihan dalam pemilihan umum di Desa Talangsuka Kecamatan Turen Kabupaten Malang

Research Report from JIPTUNMERPP / 2008-01-14 08:04:33
Oleh : Budhy Prianto, Drs. MS. , Dodot Sapto Adi, Drs. MSi., Faculty of Social and Political Sciences - Merdeka University Malang
Dibuat : 2001-07-01, dengan 0 file

Keyword : Kampanye, pemilihan umum

Penelitian ini membahas masalah dana kampanye dimana sudah diatur dalam UU No. 3 tahun 1999 khususnya pasal 48, namun sebagian partai dengan berbagai cara berupaya mendapatkan dana sebesar-besarnya untuk membiayai kampanye. Dengan dana yang besar mereka mampu mengumpulkan massa besar dengan cara membagi-bagi kaos dan atribut partai lainnya, membuat panggung hiburan yang spektakuler, menyewa sarana transportasi dan komunikasi yang bersifat masif, membagi uang saku, dan sebagainya.
Sebagai gambaran hingga triwulan pertama 1999 saja sudah lebih dari 40 partai politik memaparkan program dan visi partainya melalui layar kaca atas undangan Televisi Pendidikan Indonesia yang pada menjelang pemilu kemudian dikembangkan dalam dialog antar partai (Benedanto dkk, eds, 1993:38).
Sementara terdapat juga sebagian partai kecil yang tahu diri, merasa tidak punya cukup dana maka melakukan kampanye seadanya saja. Pada gilirannya kemudian timbul bukan saja kecemburuan antara partai politik kecil dengan partai politik besar, tetapi persoalan dana ini juga memunculkan kecurigaan bagi sementara pemimpin partai maupun tokoh dan kelompok masyarakat atas kepemilikan dan perolehan ydana yang melimpah dari partai-partai politik besar.

Deskripsi Alternatif :

Penelitian ini membahas masalah dana kampanye dimana sudah diatur dalam UU No. 3 tahun 1999 khususnya pasal 48, namun sebagian partai dengan berbagai cara berupaya mendapatkan dana sebesar-besarnya untuk membiayai kampanye. Dengan dana yang besar mereka mampu mengumpulkan massa besar dengan cara membagi-bagi kaos dan atribut partai lainnya, membuat panggung hiburan yang spektakuler, menyewa sarana transportasi dan komunikasi yang bersifat masif, membagi uang saku, dan sebagainya.
Sebagai gambaran hingga triwulan pertama 1999 saja sudah lebih dari 40 partai politik memaparkan program dan visi partainya melalui layar kaca atas undangan Televisi Pendidikan Indonesia yang pada menjelang pemilu kemudian dikembangkan dalam dialog antar partai (Benedanto dkk, eds, 1993:38).
Sementara terdapat juga sebagian partai kecil yang tahu diri, merasa tidak punya cukup dana maka melakukan kampanye seadanya saja. Pada gilirannya kemudian timbul bukan saja kecemburuan antara partai politik kecil dengan partai politik besar, tetapi persoalan dana ini juga memunculkan kecurigaan bagi sementara pemimpin partai maupun tokoh dan kelompok masyarakat atas kepemilikan dan perolehan ydana yang melimpah dari partai-partai politik besar.


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPTUNMERPP
OrganisasiFaculty of Social and Political Sciences - Merdeka University Malang
Nama KontakDra. Wiwik Supriyanti, SS
AlamatJl. Terusan Halimun 11 B
KotaMalang
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0341-563504
Fax0341-563504
E-mail Administratorperpus@unmer.ac.id
E-mail CKOwsupriyanti@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Editor: