Path: Top Research Report S1-Economics Faculty_of_Economics 2000

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan pada hotel berbintang di Malang

Research Report from JIPTUNMERPP / 2008-01-14 08:04:32
Oleh : Boge Triatmanto, SE, MM., Faculty of Economics - Merdeka University Malang
Dibuat : 2000-04-20, dengan 0 file

Keyword : Motivasi, hotel berbintang, promosi, karyawan

Penelitian ini tentang motivasi karyawan pada hotel berbintang di Kabupaten dan Kodya Malang, dengan tujuan melakukan analisis pengaruh variabel-variabel upah (X1), tempat kerja (X2), peralatan kerja (X3), sikap manajemen terhadap karyawan (X4), sikap antar teman sejawat (X5), kepeercayaan dan tanggung jawab (X6), promosi (X7), kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan(X8),kebutuhan berprestasi (X9), terhadap motivasi karyawan hotel di Kabupaten dan Kodya Malang, diantara variabel-variabel tersebut manakah yang paling dominan.
Hipotesis yang diajukan, pertama diduga bahwa variabel-variabel upah (X1), tempat kerja(X2), peralatan kerja (X3), sikap manajemen terhadap karyawan (X4), sikap antar sejawat (X5), kepercayaan dan tanggung jawab (X6), promosi (X7), kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan (X8), kebutuhan karyawan hotel, kedua diduga bahwa variabel sikap manajemen terhadap karyawan(X4)dan sikap antar teman sejawat (X5)pempunyai pengaruh yang dominan terhadap motivasi karyawan hotel.
Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda didapatkan bahwa hipotesis satu terbukti yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel-variabel upah (X1), tempat kerja (X2), peralatan kerja (X3), sikap manajemen terhadap karyawan (X4), sikap antar teman sejawat (X5), kepercayaan dan tanggung jawab (X6), promosi (X7), kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan (X8), kebutuhan berprestasi (X9), terhadap motivasi karyawan hotel. Diantara sembilan variabel tersebut terdapat dua variabel yang mempunyai pengaruh signifikan yaitu X8, X9, dan terdapat tujuh variabel yang tidak signifikan yaitu X1, x2, X3, X4, X5, X6, dan X7. Sedangkan hipotesisi dua tidak terbukti, variabel yang dominan mempengaruhi motivasi karyawan adalah kebutuhan berprestasi (X9).
Dari hasil penelitian tersebut maka direkomendasikan kepada pemilik atau pihak manajemen hotel berbintang di Kabupaten danKodya Malang, Untuk memperhatikan variabel-variabel yang mempunyai pengaruh nyata terhadap motivasi karyawan yaitu kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan dan kebutuhan berprestasi.
Melihat sembilan variabel yang digunakan dalam model penelitian ini dan terdapat dua variabel yang signifikan maka bagi peneliti berikutnya perlu memasukkan variabel-variabel lain yang sekiranya mempunyai pengaruh yang nyata terhadap motivasi karyawan. Sehingga diharapkan dari hasil penelitian lanjutan tersebut bisa dilihat variabel-variabel yang benar-benar berpengaruh nyata terhadap motivasi karyawan hotel berbintang di Kabupaten dan Kodya Malang.

Deskripsi Alternatif :

Penelitian ini tentang motivasi karyawan pada hotel berbintang di Kabupaten dan Kodya Malang, dengan tujuan melakukan analisis pengaruh variabel-variabel upah (X1), tempat kerja (X2), peralatan kerja (X3), sikap manajemen terhadap karyawan (X4), sikap antar teman sejawat (X5), kepeercayaan dan tanggung jawab (X6), promosi (X7), kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan(X8),kebutuhan berprestasi (X9), terhadap motivasi karyawan hotel di Kabupaten dan Kodya Malang, diantara variabel-variabel tersebut manakah yang paling dominan.
Hipotesis yang diajukan, pertama diduga bahwa variabel-variabel upah (X1), tempat kerja(X2), peralatan kerja (X3), sikap manajemen terhadap karyawan (X4), sikap antar sejawat (X5), kepercayaan dan tanggung jawab (X6), promosi (X7), kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan (X8), kebutuhan karyawan hotel, kedua diduga bahwa variabel sikap manajemen terhadap karyawan(X4)dan sikap antar teman sejawat (X5)pempunyai pengaruh yang dominan terhadap motivasi karyawan hotel.
Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda didapatkan bahwa hipotesis satu terbukti yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel-variabel upah (X1), tempat kerja (X2), peralatan kerja (X3), sikap manajemen terhadap karyawan (X4), sikap antar teman sejawat (X5), kepercayaan dan tanggung jawab (X6), promosi (X7), kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan (X8), kebutuhan berprestasi (X9), terhadap motivasi karyawan hotel. Diantara sembilan variabel tersebut terdapat dua variabel yang mempunyai pengaruh signifikan yaitu X8, X9, dan terdapat tujuh variabel yang tidak signifikan yaitu X1, x2, X3, X4, X5, X6, dan X7. Sedangkan hipotesisi dua tidak terbukti, variabel yang dominan mempengaruhi motivasi karyawan adalah kebutuhan berprestasi (X9).
Dari hasil penelitian tersebut maka direkomendasikan kepada pemilik atau pihak manajemen hotel berbintang di Kabupaten danKodya Malang, Untuk memperhatikan variabel-variabel yang mempunyai pengaruh nyata terhadap motivasi karyawan yaitu kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan dan kebutuhan berprestasi.
Melihat sembilan variabel yang digunakan dalam model penelitian ini dan terdapat dua variabel yang signifikan maka bagi peneliti berikutnya perlu memasukkan variabel-variabel lain yang sekiranya mempunyai pengaruh yang nyata terhadap motivasi karyawan. Sehingga diharapkan dari hasil penelitian lanjutan tersebut bisa dilihat variabel-variabel yang benar-benar berpengaruh nyata terhadap motivasi karyawan hotel berbintang di Kabupaten dan Kodya Malang.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPTUNMERPP
OrganisasiFaculty of Economics - Merdeka University Malang
Nama KontakDra. Wiwik Supriyanti, SS
AlamatJl. Terusan Halimun 11 B
KotaMalang
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0341-563504
Fax0341-563504
E-mail Administratorperpus@unmer.ac.id
E-mail CKOwsupriyanti@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Editor: