Path: Top Research Report S1-Engineering Department_of_Industrial_Engineering 1999

Perancangan ulang tata letak fasilitas pelayanan dan penunjang bengkel mobil Hendra Motor Gresik untuk meningkatkan efisiensi waktu pelayanan

Research Report from JIPTUNMERPP / 2008-01-14 08:04:32
Oleh : Sugianto, ST., Department of Industrial Engineering - Merdeka University Malang
Dibuat : 1999-12-20, dengan 0 file

Keyword : Tata letak, bengkel mobil, pelayanan

Pengaturan tata letak (layout) dari suatu fasilitas pelayanan dan area kerja yang ada adalah suatu masalah yang sering dijumpai dalam dunia industri. Kita tidak dapat menghindarinya, sekalipun kita cuma sekedar mengatur peralatan atau mesin didalam bangunan yang ada serta dalam ruang lingkup yang kecil dan sederhana. Pengaturan departemen -departemen dalam sebuah industri (dimana fasilitas-fasilitas produksi akan diletakan dalam masing-masing departemen sesuai dengan pengelompokkannya) akan didasarkan pada aliran bahan (material) yang bergerak diantara fasilitas-fasilitas produksi atau departemen-departemen tersebut.
Analisis aliran bahan kualitatif diaplikasikan untuk pengaturan fasilitas produksi atau departemen bilamana pergerakkan material, informasi atau manusia relatif sedikit dilaksanakan. Analisisnya didasarkan derajat hubungan aktivitas seperti hubungan komunikasi atau hirarki dalam struktur organisasi. Disini ukuran kualitatif akan berupa range derajat hubungan yang menunjukkan apakah suatu departemen harus diletakkan berdekatan atau berjauhan dengan departemen yang lain.
Krisis moneter yang melanda bangsa Indonesia saat ini menyebabkan harga-harga barang melambung tinggi sekali, tidak terkecuali harga spare part mobil.
Tingginya harga spare part mobil menyadarkan para pemilik mobil untuk mengutamakan melaksanakan service berkala (perawatan) dari pada menanggung resiko apabila terjadi kerusakan mobil. Kesempatan yang baik ini menjadikan bengkel Hendra Motor kebanjiran pelanggan. Banyaknya pelanggan yang datang dan kemampuan perusahaan untuk melayani pelanggan terbatas menyebabkan banyak pelanggan yang tidak terlayani. Untuk menanggulangi hal tersebut, pihak manajemen mulai berfikir untuk bisa mengesifiensikan waktu pelayanan dengan melakukan perancangan ulang tata letak fasilitas-fasilitas pelayanan dan penunjang.
Dari hasil penelitian didapatkan kenaikan dalam kecepatan pelayanan di departemen pelayanan ganti oli dan departemen masing-masing adalah sebagai berikut:
1. Departemen pelayanan ganti oli, waktu pelayanan sebelum perbaikan adalah 30 menit/ mobil, setelah diadakan perbaikan, waktu pelayanannya menjadi 26,25 menit/ mobil, sehingga terjadi peningkatan waktu pelayanan sebesar 3,75 menit/ mobil
2. Departemen pelayanan balancing, waktu pelayanan sebelum perbaikan adalah 14 menit/ roda, setelah diadakan perbaikan, waktu pelayanannya menjadi 12 menit/ roda, sehingga terjadi peningingkatan waktu pelayanan sebesar 2 menit/ roda.
Kenaikkan waktu pelayanan untuk dua departemen tersebut tidak mempengaruhi penurunan waktu pelayanan pada departemen-departemen yang lainnya.

Deskripsi Alternatif :

Pengaturan tata letak (layout) dari suatu fasilitas pelayanan dan area kerja yang ada adalah suatu masalah yang sering dijumpai dalam dunia industri. Kita tidak dapat menghindarinya, sekalipun kita cuma sekedar mengatur peralatan atau mesin didalam bangunan yang ada serta dalam ruang lingkup yang kecil dan sederhana. Pengaturan departemen -departemen dalam sebuah industri (dimana fasilitas-fasilitas produksi akan diletakan dalam masing-masing departemen sesuai dengan pengelompokkannya) akan didasarkan pada aliran bahan (material) yang bergerak diantara fasilitas-fasilitas produksi atau departemen-departemen tersebut.
Analisis aliran bahan kualitatif diaplikasikan untuk pengaturan fasilitas produksi atau departemen bilamana pergerakkan material, informasi atau manusia relatif sedikit dilaksanakan. Analisisnya didasarkan derajat hubungan aktivitas seperti hubungan komunikasi atau hirarki dalam struktur organisasi. Disini ukuran kualitatif akan berupa range derajat hubungan yang menunjukkan apakah suatu departemen harus diletakkan berdekatan atau berjauhan dengan departemen yang lain.
Krisis moneter yang melanda bangsa Indonesia saat ini menyebabkan harga-harga barang melambung tinggi sekali, tidak terkecuali harga spare part mobil.
Tingginya harga spare part mobil menyadarkan para pemilik mobil untuk mengutamakan melaksanakan service berkala (perawatan) dari pada menanggung resiko apabila terjadi kerusakan mobil. Kesempatan yang baik ini menjadikan bengkel Hendra Motor kebanjiran pelanggan. Banyaknya pelanggan yang datang dan kemampuan perusahaan untuk melayani pelanggan terbatas menyebabkan banyak pelanggan yang tidak terlayani. Untuk menanggulangi hal tersebut, pihak manajemen mulai berfikir untuk bisa mengesifiensikan waktu pelayanan dengan melakukan perancangan ulang tata letak fasilitas-fasilitas pelayanan dan penunjang.
Dari hasil penelitian didapatkan kenaikan dalam kecepatan pelayanan di departemen pelayanan ganti oli dan departemen masing-masing adalah sebagai berikut:
1. Departemen pelayanan ganti oli, waktu pelayanan sebelum perbaikan adalah 30 menit/ mobil, setelah diadakan perbaikan, waktu pelayanannya menjadi 26,25 menit/ mobil, sehingga terjadi peningkatan waktu pelayanan sebesar 3,75 menit/ mobil
2. Departemen pelayanan balancing, waktu pelayanan sebelum perbaikan adalah 14 menit/ roda, setelah diadakan perbaikan, waktu pelayanannya menjadi 12 menit/ roda, sehingga terjadi peningingkatan waktu pelayanan sebesar 2 menit/ roda.
Kenaikkan waktu pelayanan untuk dua departemen tersebut tidak mempengaruhi penurunan waktu pelayanan pada departemen-departemen yang lainnya.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPTUNMERPP
OrganisasiDepartment of Industrial Engineering - Merdeka University Malang
Nama KontakDra. Wiwik Supriyanti, SS
AlamatJl. Terusan Halimun 11 B
KotaMalang
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0341-563504
Fax0341-563504
E-mail Administratorperpus@unmer.ac.id
E-mail CKOwsupriyanti@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Editor: