Path: Top Research Report Diploma_3_of_Tourism_ 1997

Happy hours dalam menarik minat pembeli di Bar Hotel (suatu studi strategi peningkatan pendapatan departemen bar di Hotel Novotel Surabaya)

Research Report from JIPTUNMERPP / 2008-01-14 08:04:33
Oleh : Nanny Roedjinandari, Dra. , Bambang Supriadi, Drs., Diploma 3 of Tourism - Merdeka University Malang
Dibuat : 1997-11-01, dengan 0 file

Keyword : Hotel, Pendapatan, bar

Sebuah Hotel yang bertaraf Intemasional, Food and Baverage Department adalah suatu departemen yang sangat penting dalam menunjang kelangsungan operasional sebuah Hotel. Karena produk yang ditawarkan atau dijual kepada tamu adalah produk yang menyangkut kebutuhan tamu itu sehari-harinya yaitu produk makanan dan minuman. Karena seperti yang kita ketahui dalam kehidupan sehari-harinya manusia tidak akan lepas dari kebutuhan akan makan dan minum.
Produk makanan dan minuman yang ditawarkan oleh Food and Beverage Department selain untuk memenuhi kebutuhan tamu juga menambah pendapatan. Hal ini dikarenakan Hotel merupakan suatu usaha yang bersifat komersial yang mana maksimum memiliki tiga fasilitas yaitu: akomodasi, makanan dan minuman. Untuk meningkatkan pendapatannya Food and Beverage Depatement tidak hanya terpaku pada sistem penjualan makanan dan minuman yang telah ada, tetapi harus mempunyai cara atau strategi yang dapat menarik minat tamu di dalam meningkatkan pendapatan baik itu pada seksi Room Service, Restaurant dan juga Bar. Khusus untuk bagian Bar, pendapatan hasil penjualan berbagai jenis minuman yang paling banyak didapat dibagian ini. Didalam upaya meningkatkan pendapatannya Bar Hotel NOVOTEL SURABAYA melakukan cara atau strategi khusus yang di sebut dengan "Happy Hours". Karena itu pengadaan Happy Hours merupakan cara atau strategi yang paling baik yang dilakukan Bar Hotel NOVOTEL SURABAYA dalam upaya meningkatkan pendapatannya dibidang penjualan berbagai jenis minuman.
Maka dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan di bagian Bar hotel NOVOTEL SURABAYA, maka dapat dikatakan sebagai berikut:
1. Happy Hours di Bar Hotel NOVOTEL SIJRABAYA merupakan salah satu daya tarik yang sangat menunjang dalam peningkatan pendapatan.
2. Kurangnya strategi atau cara memasarkan produk minuman yang dijual Bar Hotel NOVOTEL SURABAYA temyata sangat berpengaruh terhadap pendapatan yang diterima.
3. Selama diadakannya Happy Hours di Bar NOVOTEL SURABAYA, minat tamu untuk datang ke Bar menjadi lebih banyak.
4. Dengan adanya Happy Hours, sangat berpengaruh terhadap keberadaan Hotel NOVOTEL SURABAYA itu sendiri. Artinya para tamu atau pembeli itu akan lebih mengenai Hotel NOVOTEL SURABAYA.
5. Pada Bar NOVOTEL SURABAYA, petugas Bartender juga merangkap sebagai Bar Waiter.
6. Sebuah Bar tidak mungkin hanya dengan menjual produk jenis minuman yang tersedia tanpa melaksanakan atau melakukan cara / strategi yang dapat menarik minat para tamu / pembeli dan mendatangkan keuntungan yang banyak.
Dalam bagian ini penulis ingin menyumbangkan beberapa saran yang mungkin dapat berguna untuk meraih keuntungan di bagian Bar.
Adapun saran yang penulis sajikan adalah
1. Perlunya membuat suatu cara atau strategi yang dapat menarik minat para tamu/ pembeli selain happy Flours.
2. Meningkat fungsi dan peranan bar itu sendiri sebagai salah satu fasilitas Hotel NOVOTEL SURABAYA sehingga berjalan dengan baik.
3. Perlunya pelatihan bagi Bartender/ Bar waiter sehingga ketelitian dan keterampilan Bartender/ Bar waiter dapat lebih baik.
4. Perlu ditingkatkanya penawaran bagi produk minuman yang di jual di bar Hotel NOVOTEL SURABAYA terhadap tamu/ para pembeli.
5. Perlunya peningkatkan komunikasi timbal balik antara Bartender/ Bar Waiter dan para tamu/ pembeli agar tercipta suatu keharmonisan.
6. Perlunya memperhatikan segala macam keluhan para tamu atau pembeli.

Deskripsi Alternatif :

Sebuah Hotel yang bertaraf Intemasional, Food and Baverage Department adalah suatu departemen yang sangat penting dalam menunjang kelangsungan operasional sebuah Hotel. Karena produk yang ditawarkan atau dijual kepada tamu adalah produk yang menyangkut kebutuhan tamu itu sehari-harinya yaitu produk makanan dan minuman. Karena seperti yang kita ketahui dalam kehidupan sehari-harinya manusia tidak akan lepas dari kebutuhan akan makan dan minum.
Produk makanan dan minuman yang ditawarkan oleh Food and Beverage Department selain untuk memenuhi kebutuhan tamu juga menambah pendapatan. Hal ini dikarenakan Hotel merupakan suatu usaha yang bersifat komersial yang mana maksimum memiliki tiga fasilitas yaitu: akomodasi, makanan dan minuman. Untuk meningkatkan pendapatannya Food and Beverage Depatement tidak hanya terpaku pada sistem penjualan makanan dan minuman yang telah ada, tetapi harus mempunyai cara atau strategi yang dapat menarik minat tamu di dalam meningkatkan pendapatan baik itu pada seksi Room Service, Restaurant dan juga Bar. Khusus untuk bagian Bar, pendapatan hasil penjualan berbagai jenis minuman yang paling banyak didapat dibagian ini. Didalam upaya meningkatkan pendapatannya Bar Hotel NOVOTEL SURABAYA melakukan cara atau strategi khusus yang di sebut dengan "Happy Hours". Karena itu pengadaan Happy Hours merupakan cara atau strategi yang paling baik yang dilakukan Bar Hotel NOVOTEL SURABAYA dalam upaya meningkatkan pendapatannya dibidang penjualan berbagai jenis minuman.
Maka dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan di bagian Bar hotel NOVOTEL SURABAYA, maka dapat dikatakan sebagai berikut:
1. Happy Hours di Bar Hotel NOVOTEL SIJRABAYA merupakan salah satu daya tarik yang sangat menunjang dalam peningkatan pendapatan.
2. Kurangnya strategi atau cara memasarkan produk minuman yang dijual Bar Hotel NOVOTEL SURABAYA temyata sangat berpengaruh terhadap pendapatan yang diterima.
3. Selama diadakannya Happy Hours di Bar NOVOTEL SURABAYA, minat tamu untuk datang ke Bar menjadi lebih banyak.
4. Dengan adanya Happy Hours, sangat berpengaruh terhadap keberadaan Hotel NOVOTEL SURABAYA itu sendiri. Artinya para tamu atau pembeli itu akan lebih mengenai Hotel NOVOTEL SURABAYA.
5. Pada Bar NOVOTEL SURABAYA, petugas Bartender juga merangkap sebagai Bar Waiter.
6. Sebuah Bar tidak mungkin hanya dengan menjual produk jenis minuman yang tersedia tanpa melaksanakan atau melakukan cara / strategi yang dapat menarik minat para tamu / pembeli dan mendatangkan keuntungan yang banyak.
Dalam bagian ini penulis ingin menyumbangkan beberapa saran yang mungkin dapat berguna untuk meraih keuntungan di bagian Bar.
Adapun saran yang penulis sajikan adalah
1. Perlunya membuat suatu cara atau strategi yang dapat menarik minat para tamu/ pembeli selain happy Flours.
2. Meningkat fungsi dan peranan bar itu sendiri sebagai salah satu fasilitas Hotel NOVOTEL SURABAYA sehingga berjalan dengan baik.
3. Perlunya pelatihan bagi Bartender/ Bar waiter sehingga ketelitian dan keterampilan Bartender/ Bar waiter dapat lebih baik.
4. Perlu ditingkatkanya penawaran bagi produk minuman yang di jual di bar Hotel NOVOTEL SURABAYA terhadap tamu/ para pembeli.
5. Perlunya peningkatkan komunikasi timbal balik antara Bartender/ Bar Waiter dan para tamu/ pembeli agar tercipta suatu keharmonisan.
6. Perlunya memperhatikan segala macam keluhan para tamu atau pembeli.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPTUNMERPP
OrganisasiDiploma 3 of Tourism - Merdeka University Malang
Nama KontakDra. Wiwik Supriyanti, SS
AlamatJl. Terusan Halimun 11 B
KotaMalang
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0341-563504
Fax0341-563504
E-mail Administratorperpus@unmer.ac.id
E-mail CKOwsupriyanti@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Editor: