Path: Top » S1-Final Project » Faculty_of_Social_and_Political_Science » Department_of_Communication » 2012

ITEM ISSUE YANG MENARIK BAGI PUBLIC EKSTERNAL UTAMA LEMBAGA PERGURUAN TINGGI” (Survei pada siswa SMA pembaca Jawa Pos melalui Tracking Study )

Undergraduate Theses from JIPTUNMERPP / 2012-05-10 11:41:42
Oleh : Nurul Qoriah, Department of Communication Science Merdeka University Malang
Dibuat : 2012-03-01, dengan 0 file

Keyword : Item Issue, Public eksternal utama, Publisitas, lembaga perguruan tinggi

Aktivitas Public Relations Perguruan Tinggi dituntut untuk selalu berinovasi menemukan fenomena baru terkait dengan upayanya menarik perhatian dan minat publik eksternal utama. Pengenalan dan pemberian informasi kepada publik eksternal dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai saluran, salah satunya yakni fungsi publisitas pada media surat kabar yang dirasa masih cukup efektif. Tidak hanya pada pemilihan media, melalui aplikasi dari model-model PR yang dirasa tepat mampu mewujudkan target yang telah direncanakan sebelumnya. Praktisi PR dapat mengaplikasikan Press Agentry model yang mengedepankan persuasi, sehingga mampu menarik minat calon mahasiswa baru. Selain itu, model lain yang digunakan adalah Public Information, yang menyebarkan informasi melalui saluran media, salah satunya yaitu berupa publisitas. Pada zaman dulu, publisitas dirasa efektif karena tidak berbayar meskipun penempatannya tidak dapat dikontrol. Namun, seiring berkembangnya waktu dan semakin maraknya profit oriented dari kalangan media, menjadi alasan mengapa publisitas saat ini berbayar.
Penempatan publisitas harus dilakukan secara lebih matang agar dapat menjangkau target yang akan dicapai. Untuk itulah dalam hal publisitas, dirasa perlu bahkan penting untuk mengetahui tempat-tempat strategis yang sering dilihat dan diperhatikan oleh publik eksternal utamanya yakni calon mahasiswa baru. Karena itulah dilakukan sebuah penelitian melalui media tracking kepada siswa SMA sebanyak 20 orang dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan data kualitatif sebagai pelengkapnya, tracking yang dimaksud adalah menuliskan, mengetahui, menelusuri pendapat para public ekternal utama lembaga perguruan tinggi yakni siswa SMA sebagai calon mahasiswa. Dalam hal ini, yaitu mencari tahu item-item issue apa saja yang menarik bagi publik eksternal utama lembaga Perguruan Tinggi melalui rubrik-rubrik yang dibaca dan diperhatikan pada surat kabar Jawa Pos. Hasil temuan terkait dengan item issue apa saja yang menarik bagi pihak eksternal utama lembaga Perguruan Tinggi, dapat dijadikan bahan untuk perencanaan strategi PR selanjutnya. Data yang diperoleh dapat dijadikan bahan publisitas oleh praktisi PR Perguruan Tinggi, dengan penempatan yang strategis akan lebih dimungkinkan untuk mendapat perhatian dari publik sasarannya. Meskipun dengan hanya melihat tidak dapat dipastikan akan langsung meraih ketertarikannya, namun langkah ini dirasa cukup efektif karena intensitas melihat informasi ataupun sekedar iklan seputar Perguruan Tinggi yang terkait, akan menimbulkan keingintahuan lebih lanjut. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan, para siswa membaca dan memperhatikan rubrik-rubrik yang berkaitan dengan kegemarannya.

Deskripsi Alternatif :

Aktivitas Public Relations Perguruan Tinggi dituntut untuk selalu berinovasi menemukan fenomena baru terkait dengan upayanya menarik perhatian dan minat publik eksternal utama. Pengenalan dan pemberian informasi kepada publik eksternal dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai saluran, salah satunya yakni fungsi publisitas pada media surat kabar yang dirasa masih cukup efektif. Tidak hanya pada pemilihan media, melalui aplikasi dari model-model PR yang dirasa tepat mampu mewujudkan target yang telah direncanakan sebelumnya. Praktisi PR dapat mengaplikasikan Press Agentry model yang mengedepankan persuasi, sehingga mampu menarik minat calon mahasiswa baru. Selain itu, model lain yang digunakan adalah Public Information, yang menyebarkan informasi melalui saluran media, salah satunya yaitu berupa publisitas. Pada zaman dulu, publisitas dirasa efektif karena tidak berbayar meskipun penempatannya tidak dapat dikontrol. Namun, seiring berkembangnya waktu dan semakin maraknya profit oriented dari kalangan media, menjadi alasan mengapa publisitas saat ini berbayar.
Penempatan publisitas harus dilakukan secara lebih matang agar dapat menjangkau target yang akan dicapai. Untuk itulah dalam hal publisitas, dirasa perlu bahkan penting untuk mengetahui tempat-tempat strategis yang sering dilihat dan diperhatikan oleh publik eksternal utamanya yakni calon mahasiswa baru. Karena itulah dilakukan sebuah penelitian melalui media tracking kepada siswa SMA sebanyak 20 orang dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan data kualitatif sebagai pelengkapnya, tracking yang dimaksud adalah menuliskan, mengetahui, menelusuri pendapat para public ekternal utama lembaga perguruan tinggi yakni siswa SMA sebagai calon mahasiswa. Dalam hal ini, yaitu mencari tahu item-item issue apa saja yang menarik bagi publik eksternal utama lembaga Perguruan Tinggi melalui rubrik-rubrik yang dibaca dan diperhatikan pada surat kabar Jawa Pos. Hasil temuan terkait dengan item issue apa saja yang menarik bagi pihak eksternal utama lembaga Perguruan Tinggi, dapat dijadikan bahan untuk perencanaan strategi PR selanjutnya. Data yang diperoleh dapat dijadikan bahan publisitas oleh praktisi PR Perguruan Tinggi, dengan penempatan yang strategis akan lebih dimungkinkan untuk mendapat perhatian dari publik sasarannya. Meskipun dengan hanya melihat tidak dapat dipastikan akan langsung meraih ketertarikannya, namun langkah ini dirasa cukup efektif karena intensitas melihat informasi ataupun sekedar iklan seputar Perguruan Tinggi yang terkait, akan menimbulkan keingintahuan lebih lanjut. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan, para siswa membaca dan memperhatikan rubrik-rubrik yang berkaitan dengan kegemarannya.


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPTUNMERPP
OrganisasiDepartment of Communication Science Merdeka University Malang
Nama KontakDra. Wiwik Supriyanti, SS
AlamatJl. Terusan Halimun 11 B
KotaMalang
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0341-563504
Fax0341-563504
E-mail Administratorperpus@unmer.ac.id
E-mail CKOwsupriyanti@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: 1. Ana Mariani, S Sos., M Si. ; 2. Rochmad Effendy, B H Sc. , M Si., Editor: Wiwik Supriyanti, Dra. SS.