Path: Top Journal Jurnal_Manajemen 2009

ANALISIS PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI ALFAMART MALANG (Studi Kasus Alfmart Tidar Malang)

Jurnal Manajemen: Volume 7, Nomor 2, Oktober 2009
Journal from JIPTUNMERPP / 2012-09-04 12:10:24
Oleh : Mohamad Nur Singgih, Magister of Management Merdeka University Malang (jurnalmmunmer@yahoo.com)
Dibuat : 2009-10-01, dengan 0 file

Keyword : Ritel, Waralaba, Psikologis, dan Motivasi

Persaingan usaha ritel saat ini sangat kompetitif dan ketat diantara ritel yang sudah diwaralabakan maupun yang belum diwaralabakan. Dalam menyiasati tingginya persaingan dan merebut hati konsumen, salah satu cara yang banyak dilakukan oleh pengelola ritel adalah memperhatikan apa yang menjadi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian, faktor psikologis dapat digunakan untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dasar bagi konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah faktor psikologis yaitu motivasi, persepsi, pengetahuan, keyakinan dan sikap berpengaruh dalam keputusan pembelian di Alfamart, dan untuk menentukan dan menganalisis faktor psikologis mana di antara motivasi, persepsi, pengetahuan, keyakinan dan sikap yang dominan dalam mengambil keputusan pembelian produk di Alfamart. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F dan uji t.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pengetahuan serta keyakinan dan sikap secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Alfamart. Hal ini didukung dari tanggapan responden yaitu terdapat kemudahan dalam berbelanja di Alfamart karena penataaan barang di Alfamart disesuaikan dengan golongannya, berbelanja di Alfmart, nyaman, aman dan bersih, dan berbelanja di Alfamart menyenangkan karena adanya informasi mengenai produk baru. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada Alfamart adalah motivasi.

Deskripsi Alternatif :

Persaingan usaha ritel saat ini sangat kompetitif dan ketat diantara ritel yang sudah diwaralabakan maupun yang belum diwaralabakan. Dalam menyiasati tingginya persaingan dan merebut hati konsumen, salah satu cara yang banyak dilakukan oleh pengelola ritel adalah memperhatikan apa yang menjadi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian, faktor psikologis dapat digunakan untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dasar bagi konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah faktor psikologis yaitu motivasi, persepsi, pengetahuan, keyakinan dan sikap berpengaruh dalam keputusan pembelian di Alfamart, dan untuk menentukan dan menganalisis faktor psikologis mana di antara motivasi, persepsi, pengetahuan, keyakinan dan sikap yang dominan dalam mengambil keputusan pembelian produk di Alfamart. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F dan uji t.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pengetahuan serta keyakinan dan sikap secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Alfamart. Hal ini didukung dari tanggapan responden yaitu terdapat kemudahan dalam berbelanja di Alfamart karena penataaan barang di Alfamart disesuaikan dengan golongannya, berbelanja di Alfmart, nyaman, aman dan bersih, dan berbelanja di Alfamart menyenangkan karena adanya informasi mengenai produk baru. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada Alfamart adalah motivasi.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPTUNMERPP
OrganisasiMagister of Management Merdeka University Malang
Nama KontakDra. Wiwik Supriyanti, SS
AlamatJl. Terusan Halimun 11 B
KotaMalang
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0341-563504
Fax0341-563504
E-mail Administratorperpus@unmer.ac.id
E-mail CKOwsupriyanti@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Editor: Wiwik Supriyanti, Dra. SS.