Path: Top S1-Final Project Faculty_of_Social_and_Political_Science Department_of_Communication 2011

PENGARUH TERPAAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT LPG BUNG IJO TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU KHALAYAK DALAM PENGGUNAAN LPG SECARA AMAN ( Study Kasus Pada Warga Krajan, Desa Siraman, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar )

Undergraduate Theses from JIPTUNMERPP / 2012-04-19 12:09:39
Oleh : Misbachul Fatah, Department of Communication Science Merdeka University Malang
Dibuat : 2011-04-01, dengan 0 file

Keyword : Iklan, Perilaku konsumen, LPG Bung Ijo

Misbachul fatah, mahasiswa jurusan ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas merdeka malang. NPK : 06330019, Judul : Pengaruh Terpaan Iklan Layanan Masyarakat LPG Bung Ijo Terhadap Perubahan Perilaku Khalayak Dalam Penggunaan LPG Secara Aman . Pembimbing I Drs. Priyo Dari Molyo, M.Si dan pembimbing II Sri widayati, S.Pd, M.Si..

Komunikasi massa merupakan kegiatan penyebaran informasi secara luas pada khalayak. Iklan merupakan salah satu kegiatan komunikasi massa. Dalam iklan layanan masyarakat LPG Bung Ijo dikonstruksi pesan bagaimana menggunakan tabung gas LPG secara aman.Penyebaran iklan LPG tersebut juga sebagai bentuk sosialisasi kepada khalayak.

Salah satu penyebab kenapa iklan layanan masyarakat LPG Bung Ijo dibuat adalah sebagai respon akan sering terjadinya ledakan yang disebabkan oleh tabung gas LPG. Dengan adanya iklan tersebut, diharapkan masyarakat mampu menggunakan LPG dengan benar dan tepat, dan apabila terjadi suatu keganjilan pada tabung gas LPG dapat segera dilakukan tindakan penyelamatan yang tepat pula.

Penelitian ini memenuhi syarat validitas, reliabilitas. Sedangkan pada uji F menunjukkan signifikan < 0,05 hal ini berarti ada pengaruh terpaan iklan layanan masyarakat LPG Bung Ijo terhadap pemahaman khalayak dalam penggunaan LPG secara aman.

Khalayak pada umumnya sebenarnya telah lama menggunakan LPG sebelum iklan tersebut tayang. Akan tetapi, dengan adanya iklan tersebut, pengetahuan khalayak akan LPG semakin banyak. Dari cara peletakan LPG, penggunaan LPG, pengamanan peralatan LPG sampai dengan tindakan penyelamatan.

Sebagus apapun sebuah iklan, terpaan sebesar apapun sebuah iklan, akan tetapi masyarakat membutuhkan lebih dari sebuah iklan untuk sosialisasi agar lebih dapat, cepat, tepat sasaran.

Deskripsi Alternatif :

Misbachul fatah, mahasiswa jurusan ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas merdeka malang. NPK : 06330019, Judul : Pengaruh Terpaan Iklan Layanan Masyarakat LPG Bung Ijo Terhadap Perubahan Perilaku Khalayak Dalam Penggunaan LPG Secara Aman . Pembimbing I Drs. Priyo Dari Molyo, M.Si dan pembimbing II Sri widayati, S.Pd, M.Si..

Komunikasi massa merupakan kegiatan penyebaran informasi secara luas pada khalayak. Iklan merupakan salah satu kegiatan komunikasi massa. Dalam iklan layanan masyarakat LPG Bung Ijo dikonstruksi pesan bagaimana menggunakan tabung gas LPG secara aman.Penyebaran iklan LPG tersebut juga sebagai bentuk sosialisasi kepada khalayak.

Salah satu penyebab kenapa iklan layanan masyarakat LPG Bung Ijo dibuat adalah sebagai respon akan sering terjadinya ledakan yang disebabkan oleh tabung gas LPG. Dengan adanya iklan tersebut, diharapkan masyarakat mampu menggunakan LPG dengan benar dan tepat, dan apabila terjadi suatu keganjilan pada tabung gas LPG dapat segera dilakukan tindakan penyelamatan yang tepat pula.

Penelitian ini memenuhi syarat validitas, reliabilitas. Sedangkan pada uji F menunjukkan signifikan < 0,05 hal ini berarti ada pengaruh terpaan iklan layanan masyarakat LPG Bung Ijo terhadap pemahaman khalayak dalam penggunaan LPG secara aman.

Khalayak pada umumnya sebenarnya telah lama menggunakan LPG sebelum iklan tersebut tayang. Akan tetapi, dengan adanya iklan tersebut, pengetahuan khalayak akan LPG semakin banyak. Dari cara peletakan LPG, penggunaan LPG, pengamanan peralatan LPG sampai dengan tindakan penyelamatan.

Sebagus apapun sebuah iklan, terpaan sebesar apapun sebuah iklan, akan tetapi masyarakat membutuhkan lebih dari sebuah iklan untuk sosialisasi agar lebih dapat, cepat, tepat sasaran.


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPTUNMERPP
OrganisasiDepartment of Communication Science Merdeka University Malang
Nama KontakDra. Wiwik Supriyanti, SS
AlamatJl. Terusan Halimun 11 B
KotaMalang
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0341-563504
Fax0341-563504
E-mail Administratorperpus@unmer.ac.id
E-mail CKOwsupriyanti@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: 1. Drs. Priyo Dari Molyo, M.Si ; Sri widayati, S.Pd, M.Si.., Editor: Wiwik Supriyanti, Dra. SS.