Path: Top Journal Jurnal_Penelitian Edisi_Ilmu-Ilmu_Sosial 2002

Latihan pola kalimat dalam pengajaran bahasa Inggris lebih efektif dari pada yang tidak menggunakannya untuk meningkatkan ketrampilan berbicara mahasiswa Program Diploma III Keuangan dan Perbankan Universitas Merdeka Malang tahun akademik 1999/2000

Jurnal Penelitian, Volume XIII, Nomor 1, Tahun 2002
Journal from JIPTUNMERPP / 2008-01-09 09:44:47
Oleh : Suatmo Pantja Putra, Research Institute - Merdeka University Malang
Dibuat : 2002-01=01, dengan 0 file

Keyword : Pattern practice, communicative approach

Saat ini kebanyakan meninggalkan "model praktek" dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa berbicara. Alasannya adalah mereka lebih tertarik dalam menerapkan "pendekatan komunikatif'. Belajar dari fakta peneliti tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui pendekatan mana yang lebih efektif Sehubungan dengan itu, peneliti menggunakan 80 mahasiswa semester III dari Program D III Keuangan dan Perbankan Universitas Merdeka Malang sebagai sampel. Setelah dua kelas diajar dengan menggunakan pendekatan komunikasi dan dua kelas diberikan model praktek selama satu semester lalu mulai ditest kemampuan berbicaranya. hasilnya menunjukkan rata-rata kelas yang diberi model praktek lebih baik dari kelas yang menggunakan pendekatan komunikasi. Selanjutnya, setelah data dianalisa menggunakan T Test dan juga Chi-square test menunjukkan bahwa dua pendekatan berbeda sekali, artinya pengajaran English dengan menggunakan model praktek lebih efektif dari pada menggunakan pendekatan komunikatif

Deskripsi Alternatif :

Saat ini kebanyakan meninggalkan "model praktek" dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa berbicara. Alasannya adalah mereka lebih tertarik dalam menerapkan "pendekatan komunikatif'. Belajar dari fakta peneliti tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui pendekatan mana yang lebih efektif Sehubungan dengan itu, peneliti menggunakan 80 mahasiswa semester III dari Program D III Keuangan dan Perbankan Universitas Merdeka Malang sebagai sampel. Setelah dua kelas diajar dengan menggunakan pendekatan komunikasi dan dua kelas diberikan model praktek selama satu semester lalu mulai ditest kemampuan berbicaranya. hasilnya menunjukkan rata-rata kelas yang diberi model praktek lebih baik dari kelas yang menggunakan pendekatan komunikasi. Selanjutnya, setelah data dianalisa menggunakan T Test dan juga Chi-square test menunjukkan bahwa dua pendekatan berbeda sekali, artinya pengajaran English dengan menggunakan model praktek lebih efektif dari pada menggunakan pendekatan komunikatif

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPTUNMERPP
OrganisasiResearch Institute - Merdeka University Malang
Nama KontakDra. Wiwik Supriyanti, SS
AlamatJl. Terusan Halimun 11 B
KotaMalang
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0341-563504
Fax0341-563504
E-mail Administratorperpus@unmer.ac.id
E-mail CKOwsupriyanti@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Editor: