Path: Top S1-Final Project Faculty_of_Social_and_Political_Science Department_of_Communication 2010

PENGARUH TERPAAN IKLAN SAKUKU PADA MINAT KHALAYAK UNTUK TERJUN KE BISNIS MULTI LEVEL MARKETING

Undergraduate Theses from JIPTUNMERPP / 2012-05-15 10:17:49
Oleh : J A S O N, Department of Communication Science Merdeka University Malang
Dibuat : 2010-05-01, dengan 0 file

Keyword : Iklan sakuku, bisnis multi level marketing

Di satu sisi kehidupan masyarakat, terutama dalam mengkonsumsi media, terjadi sebuah fenomena yang menunjukkan bahwa khalayak membutuhkan informasi dan hiburan. Kehadiran kreatifitas membawa masyarakat ke sebuah cara pandang baru, yang tidak hanya menjadi bagian pasif tetapi juga berperan aktif untuk memahami makna yang tersurat maupun yang tersirat dari sebuah konstruksi berbagai sajian media.Iklan merupakan konsep dan ide dari kreator iklan (pengiklan) yang disampaikan kepada khalayak dengan kata-kata maupun kalimat singkat agar mudah dipahami, bahkan juga mempunyai tujuan untuk merubah dan mempengaruhi pikiran seseorang agar melakukan sesuai dengan keinginan pengiklan. Keberadaan dari iklan SAKUKU di Malang TV saat ini diminat para penonton, khususnya para ibu-ibu rumah tangga, para remaja yang ingin menambah penghasilan keluarganya. Bisnis yang banyak diminati oleh khalayak ramai secara umum gambarannya adalah mengikuti program piramida dalam sistem pemasaran, dengan setiap anggota harus mencari anggota-anggota baru dan demikian terus selanjutnya. Setiap anggota membayar uang pada perusahaan dengan jumlah tertentu dengan iming-iming dapat bonus, semakin banyak anggota dan semakin banyak memasarkan produknya maka akan semakin banyak bonus yang dijanjikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: pengaruh terpaan iklan SAKUKU pada minat khalayak untuk terjun ke bisnis Multi Level Marketing.
Jenis penelitian evaluatif artinya mengevaluasi apakah ada hubungan yang signifikan antara dua variabel. Yaitu Pengaruh terpaan iklan SAKUKU pada minat khalayak untuk terjun ke bisnis Multi Level Marketing. Metode yang akan digunakan adalah metode survey, yaitu menggunakan cara pengumpulan data, dengan cara mengajukan pertanyaan kepada responden dalam bentuk tertulis. Pertanyaan diajukan dalam bentuk bentuk tertulis disebut kuisioner.
Dari pembahasan pada bab-bab sebelumnya, dapat ditarik simpulan sebagai berikut: Pengaruh terpaan iklan (X) dan dengan minat khalayak (Y) menunjukkan adanya hubungan yang positif antara terpaan iklan Sakuku dengan minat khalayak. Dari hasil penelitian dapat diketahui pengaruh terpaan iklan Sakuku (X) terhadap minat khalayak sangat besar pengaruh untuk mengajak masyarakat yang melihatnya untuk ikut berbisnis seperti apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.Pengaruh terpaan iklan (X) secara parsial berpengaruh terhadap minat khalayak (Y). Adanya pengaruh positif antara terpaan iklan Sakuku dengan minat khalayak dalam terjun ke bisnis multilevel marketing

Deskripsi Alternatif :

Di satu sisi kehidupan masyarakat, terutama dalam mengkonsumsi media, terjadi sebuah fenomena yang menunjukkan bahwa khalayak membutuhkan informasi dan hiburan. Kehadiran kreatifitas membawa masyarakat ke sebuah cara pandang baru, yang tidak hanya menjadi bagian pasif tetapi juga berperan aktif untuk memahami makna yang tersurat maupun yang tersirat dari sebuah konstruksi berbagai sajian media.Iklan merupakan konsep dan ide dari kreator iklan (pengiklan) yang disampaikan kepada khalayak dengan kata-kata maupun kalimat singkat agar mudah dipahami, bahkan juga mempunyai tujuan untuk merubah dan mempengaruhi pikiran seseorang agar melakukan sesuai dengan keinginan pengiklan. Keberadaan dari iklan SAKUKU di Malang TV saat ini diminat para penonton, khususnya para ibu-ibu rumah tangga, para remaja yang ingin menambah penghasilan keluarganya. Bisnis yang banyak diminati oleh khalayak ramai secara umum gambarannya adalah mengikuti program piramida dalam sistem pemasaran, dengan setiap anggota harus mencari anggota-anggota baru dan demikian terus selanjutnya. Setiap anggota membayar uang pada perusahaan dengan jumlah tertentu dengan iming-iming dapat bonus, semakin banyak anggota dan semakin banyak memasarkan produknya maka akan semakin banyak bonus yang dijanjikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: pengaruh terpaan iklan SAKUKU pada minat khalayak untuk terjun ke bisnis Multi Level Marketing.
Jenis penelitian evaluatif artinya mengevaluasi apakah ada hubungan yang signifikan antara dua variabel. Yaitu Pengaruh terpaan iklan SAKUKU pada minat khalayak untuk terjun ke bisnis Multi Level Marketing. Metode yang akan digunakan adalah metode survey, yaitu menggunakan cara pengumpulan data, dengan cara mengajukan pertanyaan kepada responden dalam bentuk tertulis. Pertanyaan diajukan dalam bentuk bentuk tertulis disebut kuisioner.
Dari pembahasan pada bab-bab sebelumnya, dapat ditarik simpulan sebagai berikut: Pengaruh terpaan iklan (X) dan dengan minat khalayak (Y) menunjukkan adanya hubungan yang positif antara terpaan iklan Sakuku dengan minat khalayak. Dari hasil penelitian dapat diketahui pengaruh terpaan iklan Sakuku (X) terhadap minat khalayak sangat besar pengaruh untuk mengajak masyarakat yang melihatnya untuk ikut berbisnis seperti apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut.Pengaruh terpaan iklan (X) secara parsial berpengaruh terhadap minat khalayak (Y). Adanya pengaruh positif antara terpaan iklan Sakuku dengan minat khalayak dalam terjun ke bisnis multilevel marketing


Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPTUNMERPP
OrganisasiDepartment of Communication Science Merdeka University Malang
Nama KontakDra. Wiwik Supriyanti, SS
AlamatJl. Terusan Halimun 11 B
KotaMalang
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0341-563504
Fax0341-563504
E-mail Administratorperpus@unmer.ac.id
E-mail CKOwsupriyanti@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: 1. Drs. Dodot Sapto Adi, M.Si. ; 2. Saudah, Sos, M.Si. , Editor: Wiwik Supriyanti, Dra. SS.