Path: Top S1-Final Project Faculty_of_Social_and_Political_Science Department_of_Communication 2009

PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASI TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PT.AMINDOWAY JAYA ( Studi Pada Program Prospek dan Follow-up yang dilakukan IBO untuk memperluas Jaringan)

Undergraduate Theses from JIPTUNMERPP / 2012-06-08 12:48:41
Oleh : GRACE ANGGORO DANIWATI, Department of Communication Science Merdeka University Malang
Dibuat : 2010-04-01, dengan 0 file

Keyword : Komunikasi persuasi, citra perusahaan

Perubahan yang terjadi pada saat ini yaitu pada era ekonomi baru/era informasi; yang terjadi adalah proses edukasi kepada pelanggan tentang produk atau jasa, yang mereka tidak ketahui ada sebelumnya. Proses tersebut terjadi melalui komunikasi dari mulut ke mulut, individu ke individu. Kenyataannya, dengan semakin meningkatnya tingkat pendidikan rata-rata orang di dunia, pengaruh iklan sudah dirasakan kurang efektif. Komunikasi perusasi yang dilakukan oleh para Independent Business Owner (IBO) untuk memperluas jaringannya, secara disadari maupun tidak berpengaruh pada citra perusahaan yang direpresentasikannya. Cara menyampaikan pesan dan memberikan persuasi yang dilakukan IBO, diharapkan mampu meyakinkan dan mempengaruhi perubahan sikap seseorang terhadap informasi yang disampaikan. Dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan penelitian adalah apakah ada pengaruh komunikasi persuasi yang dilakukan IBO pada proses prospek dan follow up terhadap citra perusahaan PT.Amindoway Jaya..
Komunikasi persuasi yang dilakukan oleh IBO dalam memperbesar system jaringannya terutama pada program prospek dan follow up, tanpa disadari berpengaruh pada citra perusahaan yang diwakilinya. Karena seorang IBO juga merupakan salah satu representatif perusahaan dalam memebrikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh para calon maupun anggotanya. Dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan penelitian adalah apakah ada pengaruh antara komunikasi persuasi terhadap citra perusahaan PT.Amindoway Jaya pada program prospek dan follow-up yang dilakukan IBO untuk memeprluas jaringan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Ekspalantif Kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara untuk mendapatkan data awal dan kuesioner untuk dapat menggambarkan mengenai pengaruh komunikasi persuasi yang dilakukan IBO pada program prospek dan follow up terhadap citra perusahaan PT.Amindoway Jaya, analisis yang digunakan adalah korelasi regresi linier sederhana. Untuk mengukur indikator digunakan adalah Skala Likert. Populasi yang diambil adalah masyarakat kota Malang yang akan, pernah, atau telah bergabung menjadi anggota IBO Amway, dan mendapat terpaan komunikasi persuasi melalui prospek maupun follow up, dengan sample sebanyak 30 orang.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, diketahui bahwa komunikasi persuasi yang dilakukan IBO pada program prospek dan follow up memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Citra Perusahaan PT.Amindoway Jaya.

Deskripsi Alternatif :

Perubahan yang terjadi pada saat ini yaitu pada era ekonomi baru/era informasi; yang terjadi adalah proses edukasi kepada pelanggan tentang produk atau jasa, yang mereka tidak ketahui ada sebelumnya. Proses tersebut terjadi melalui komunikasi dari mulut ke mulut, individu ke individu. Kenyataannya, dengan semakin meningkatnya tingkat pendidikan rata-rata orang di dunia, pengaruh iklan sudah dirasakan kurang efektif. Komunikasi perusasi yang dilakukan oleh para Independent Business Owner (IBO) untuk memperluas jaringannya, secara disadari maupun tidak berpengaruh pada citra perusahaan yang direpresentasikannya. Cara menyampaikan pesan dan memberikan persuasi yang dilakukan IBO, diharapkan mampu meyakinkan dan mempengaruhi perubahan sikap seseorang terhadap informasi yang disampaikan. Dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan penelitian adalah apakah ada pengaruh komunikasi persuasi yang dilakukan IBO pada proses prospek dan follow up terhadap citra perusahaan PT.Amindoway Jaya..
Komunikasi persuasi yang dilakukan oleh IBO dalam memperbesar system jaringannya terutama pada program prospek dan follow up, tanpa disadari berpengaruh pada citra perusahaan yang diwakilinya. Karena seorang IBO juga merupakan salah satu representatif perusahaan dalam memebrikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh para calon maupun anggotanya. Dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan penelitian adalah apakah ada pengaruh antara komunikasi persuasi terhadap citra perusahaan PT.Amindoway Jaya pada program prospek dan follow-up yang dilakukan IBO untuk memeprluas jaringan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Ekspalantif Kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara untuk mendapatkan data awal dan kuesioner untuk dapat menggambarkan mengenai pengaruh komunikasi persuasi yang dilakukan IBO pada program prospek dan follow up terhadap citra perusahaan PT.Amindoway Jaya, analisis yang digunakan adalah korelasi regresi linier sederhana. Untuk mengukur indikator digunakan adalah Skala Likert. Populasi yang diambil adalah masyarakat kota Malang yang akan, pernah, atau telah bergabung menjadi anggota IBO Amway, dan mendapat terpaan komunikasi persuasi melalui prospek maupun follow up, dengan sample sebanyak 30 orang.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, diketahui bahwa komunikasi persuasi yang dilakukan IBO pada program prospek dan follow up memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Citra Perusahaan PT.Amindoway Jaya.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPTUNMERPP
OrganisasiDepartment of Communication Science Merdeka University Malang
Nama KontakDra. Wiwik Supriyanti, SS
AlamatJl. Terusan Halimun 11 B
KotaMalang
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0341-563504
Fax0341-563504
E-mail Administratorperpus@unmer.ac.id
E-mail CKOwsupriyanti@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: 1. Drs. Dodot Sapto Adi, M.Si ; 2. Dra. Christiana Sahertian , Editor: Wiwik Supriyanti, Dra. SS.