Path: Top Journal Jurnal_Teknologi_&_Manajemen_Informatika 2006

Kontrol prediktif sistem kemudi empat roda kendaraan menggunakan filter kalman

Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, Volume 4, Nomor 2, Agustus 2006
Journal from JIPTUNMERPP / 2008-11-19 22:19:34
Oleh : Erwin Susanto ; Rusdhianto Effendhi ; Ali Fatoni , Faculty of Information Technology Merdeka University Malang
Dibuat : 2006-08-01, dengan 0 file

Keyword : Kemudi empat roda, kalman, gangguan, acak, prediktif

Sistem control kemudi pada kendaraan dengan mengaktifkan semua roda depan dan belakang secara simultan yang disebut dengan sistem kemudi empat roda bertujuan meningkatkan kenyamanan dan kemanan dalam berkendaraan. Manuver berbelok merupakan kondisi kritis dimana kendaraan dapat berkurang kestabilannya. Pada makalah ini, diusulkan pemanfaatan Filter Kalman untuk memperbaiki kondisi kritis sekaligus mereduksi gangguan acak yang terjadi pada sistem kemudi empat roda seperti gangguan angin, cuaca, noise perangkat elektronik dan permukaan jalan. Roda belakang akan berbelok sesuai dengan besarnya sudut belok roda depan dan kecepatan kendaraan. Supaya kinerja roda belakang dapat mengikuti sudut belok roda depan maka diperlukan mekanisme control prediktif. Hasil estimasi dengan filter Kalman akan dipakai sebagai acuan control prediktif slip samping kendaraan.

Deskripsi Alternatif :

Sistem control kemudi pada kendaraan dengan mengaktifkan semua roda depan dan belakang secara simultan yang disebut dengan sistem kemudi empat roda bertujuan meningkatkan kenyamanan dan kemanan dalam berkendaraan. Manuver berbelok merupakan kondisi kritis dimana kendaraan dapat berkurang kestabilannya. Pada makalah ini, diusulkan pemanfaatan Filter Kalman untuk memperbaiki kondisi kritis sekaligus mereduksi gangguan acak yang terjadi pada sistem kemudi empat roda seperti gangguan angin, cuaca, noise perangkat elektronik dan permukaan jalan. Roda belakang akan berbelok sesuai dengan besarnya sudut belok roda depan dan kecepatan kendaraan. Supaya kinerja roda belakang dapat mengikuti sudut belok roda depan maka diperlukan mekanisme control prediktif. Hasil estimasi dengan filter Kalman akan dipakai sebagai acuan control prediktif slip samping kendaraan.

Copyrights : Copyright (c) 2008 by Digital Library Universitas Merdeka Malang. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPTUNMERPP
OrganisasiFaculty of Information Technology Merdeka University Malang
Nama KontakDra. Wiwik Supriyanti, SS
AlamatJl. Terusan Halimun 11 B
KotaMalang
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0341-563504
Fax0341-563504
E-mail Administratorperpus@unmer.ac.id
E-mail CKOwsupriyanti@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Editor: Wiwik Supriyanti, Dra. SS.