Path: Top S1-Final Project Faculty_of_Social_and_Political_Science Department_of_Communication 2011

PERSEPSI KONSUMEN TENTANG CITRA MAKANAN SEHAT MELALUI IKLAN TELEVISI QUAKER OATS INDONESIA

Undergraduate Theses from JIPTUNMERPP / 2012-04-19 12:18:57
Oleh : ERIKA TANTI, Department of Communication Science Merdeka University Malang
Dibuat : 2011-04-01, dengan 0 file

Keyword : Konsumen, Iklan Televisi

Erika Tanti. Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Merdeka Malang. Dosen pembimbing satu (I) Dodot Sapto Adi dan dosen pembimbing dua (II) Sri Widayati.Persepsi Konsumen tentang Citra Makanan Sehat melalui Iklan Quaker Oats Indonesia.
Di era kehidupan modern saat ini, di mana kebutuhan manusia yang semakin bervariasi dari ke hari semakin mendorong makin bervariasi pula produk solusi kebutuhan yang muncul. Hal inilah yang juga semakin membuat manusia harus lebih selektif dalam memilih dan menentukan produk mana yang akan dibeli atau dikonsumsi. The Quaker Oats Company menggunakan berbagai cara untuk memperkenalkan produk Quaker Oats kepada konsumen. Iklan adalah salah satu media marketing Public Relations yang dipilih The Quaker Oats Company untuk mengedukasi konsumen tentang produk Quaker Oats, baik melalui media komunikasi cetak maupun audio visual. Media televisi adalah media yang paling gencar dipilih karena memiliki banyak kelebihan yang dimiliki, di mana dapat menyampaikan pesan lebih terperinci kepada konsumen secara audio dan visual. Namun persepsi yang muncul pada diri konsumen ternyata tidak hanya dipengaruhi semata oleh iklan tersebut, oleh karena itu dalam penelitian ini dibahas mengenai apa bagaimana persepsi konsumen tentang citra makanan Quaker Oats dan hal-hal apa saja yang melatarbelakangi persepsi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen tentang citra makanan sehat melalui iklan televisi Quaker Oats Indonesia.Manfaat penelitian ini adalah sebagai acuan bagi semua pihak untuk menghasilkan suatu citra positif tertentu dalam praktek marketing PR dan berhasil mencitrakan suatu pesan tertentu dalam realitas kehidupan dalam konteks media komunikasi.
Paradigma penelitian yang digunakan adalah paradigma subjektif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Lokasi penelitian ini bertempat di Perumahan Borobudur Agung Malang dengan para ibu rumah tangga sebagai subjek penelitian dan sebanyak 6 partisipan dipilih dengan teknik Snowball Sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi tentang citra positif Quaker Oats pada diri konsumen muncul bukan semata karena iklan televisi yang telah dilihat saja, melainkan banyak faktor yang terkait dengan latar belakang konsumen yang ikut mempengaruhinya. Aspek lingkungan sosial,aspek budaya dan keluarga, serta latar belakang pendidikan maupun ekonomi adalah aspek-aspek yang sangat jelas mempengaruhi partisipan dalam menciptakan suatu persepsi tentang produk yang dikonsumsinya. Namun iklan dalam marketing PR memang dianggap penting sebagai upaya untuk menciptakan citra positif konsumen terhadap produk yang diiklankan.Pesan dalam suatu iklan dapat menjadi senjata ampuh untuk mempengaruhi seseorang untuk berpersepsi. Tak dipungkiri juga, terbukti dari para partisipan yang ada mengungkapkan bahwa meskipun partisipan telah mengetahui produk Quaker Oats sejak lama, iklan yang ditayangkan di televisi dapat semakin membuka wawasan konsumen tentang produk tersebut dan membuat partisipan semakin loyal pada produk Quaker Oats.

Deskripsi Alternatif :

Erika Tanti. Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Merdeka Malang. Dosen pembimbing satu (I) Dodot Sapto Adi dan dosen pembimbing dua (II) Sri Widayati.Persepsi Konsumen tentang Citra Makanan Sehat melalui Iklan Quaker Oats Indonesia.
Di era kehidupan modern saat ini, di mana kebutuhan manusia yang semakin bervariasi dari ke hari semakin mendorong makin bervariasi pula produk solusi kebutuhan yang muncul. Hal inilah yang juga semakin membuat manusia harus lebih selektif dalam memilih dan menentukan produk mana yang akan dibeli atau dikonsumsi. The Quaker Oats Company menggunakan berbagai cara untuk memperkenalkan produk Quaker Oats kepada konsumen. Iklan adalah salah satu media marketing Public Relations yang dipilih The Quaker Oats Company untuk mengedukasi konsumen tentang produk Quaker Oats, baik melalui media komunikasi cetak maupun audio visual. Media televisi adalah media yang paling gencar dipilih karena memiliki banyak kelebihan yang dimiliki, di mana dapat menyampaikan pesan lebih terperinci kepada konsumen secara audio dan visual. Namun persepsi yang muncul pada diri konsumen ternyata tidak hanya dipengaruhi semata oleh iklan tersebut, oleh karena itu dalam penelitian ini dibahas mengenai apa bagaimana persepsi konsumen tentang citra makanan Quaker Oats dan hal-hal apa saja yang melatarbelakangi persepsi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen tentang citra makanan sehat melalui iklan televisi Quaker Oats Indonesia.Manfaat penelitian ini adalah sebagai acuan bagi semua pihak untuk menghasilkan suatu citra positif tertentu dalam praktek marketing PR dan berhasil mencitrakan suatu pesan tertentu dalam realitas kehidupan dalam konteks media komunikasi.
Paradigma penelitian yang digunakan adalah paradigma subjektif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Lokasi penelitian ini bertempat di Perumahan Borobudur Agung Malang dengan para ibu rumah tangga sebagai subjek penelitian dan sebanyak 6 partisipan dipilih dengan teknik Snowball Sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi tentang citra positif Quaker Oats pada diri konsumen muncul bukan semata karena iklan televisi yang telah dilihat saja, melainkan banyak faktor yang terkait dengan latar belakang konsumen yang ikut mempengaruhinya. Aspek lingkungan sosial,aspek budaya dan keluarga, serta latar belakang pendidikan maupun ekonomi adalah aspek-aspek yang sangat jelas mempengaruhi partisipan dalam menciptakan suatu persepsi tentang produk yang dikonsumsinya. Namun iklan dalam marketing PR memang dianggap penting sebagai upaya untuk menciptakan citra positif konsumen terhadap produk yang diiklankan.Pesan dalam suatu iklan dapat menjadi senjata ampuh untuk mempengaruhi seseorang untuk berpersepsi. Tak dipungkiri juga, terbukti dari para partisipan yang ada mengungkapkan bahwa meskipun partisipan telah mengetahui produk Quaker Oats sejak lama, iklan yang ditayangkan di televisi dapat semakin membuka wawasan konsumen tentang produk tersebut dan membuat partisipan semakin loyal pada produk Quaker Oats.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPTUNMERPP
OrganisasiDepartment of Communication Science Merdeka University Malang
Nama KontakDra. Wiwik Supriyanti, SS
AlamatJl. Terusan Halimun 11 B
KotaMalang
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0341-563504
Fax0341-563504
E-mail Administratorperpus@unmer.ac.id
E-mail CKOwsupriyanti@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Pembing: 1. Drs. DODOT SAPTO ADI, M. Si. ; 2. SRI WIDAYATI, S.Pd, M.Si., Editor: Wiwik Supriyanti, Dra. SS.