Path: Top » Journal » Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat » Bidang Ilmu-ilmu Sosial » 2010

Analisis pesan nasyid puji-pujian group Raihan

Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat: Bidang Ilmu-ilmu Social, Volume XXI, Nomor 1, Tahun 2010
Journal from JIPTUNMERPP / 2011-03-23 21:50:13
Oleh : Dessy Trisilowaty, Diploma 3 of Accounting Merdeka University Malang
Dibuat : 2010-01-01, dengan 0 file

Keyword : Nasyid puji-pujian, semiotika

Musik merupakan bahasa Universal yang telah menjadi bagian dari perkembangan teknologi kehidupan manusia. Kaset nasyid Raihan adalah salah satu media massa yang dipakai Raihan untuk berkomunikasi dengan para pendengar. Melalui isi pesan nasyid “Puji-Pujian” Raihan mampu mengantarkan pesan Islami pada pendengar. Berdasarkan teori semiotika Peirce diketahui makna isi pesan nasyid Puji-pujian sebagai salah satu satu media dakwah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna pesan nasyid puji-pujian Raihan bersifat memuji kebesaran Allah yakni Sang Pencipta dalam agama Islam serta memberitahukan bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah yang membawa agama Islam untuk umatnya. Nasyid yang diteliti dapat mempengaruhi pendengar secara pisitif khusunya aspek afektif (berhubungan dengan emosi) dan aspek kognitif (berhubungan dengan pengetahuan). Selain itu nasyid ini tidak lagi murni dakwah melainkan dipengaruhi juga idealism mencari keuntungan materi.

Deskripsi Alternatif :

Musik merupakan bahasa Universal yang telah menjadi bagian dari perkembangan teknologi kehidupan manusia. Kaset nasyid Raihan adalah salah satu media massa yang dipakai Raihan untuk berkomunikasi dengan para pendengar. Melalui isi pesan nasyid “Puji-Pujian” Raihan mampu mengantarkan pesan Islami pada pendengar. Berdasarkan teori semiotika Peirce diketahui makna isi pesan nasyid Puji-pujian sebagai salah satu satu media dakwah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna pesan nasyid puji-pujian Raihan bersifat memuji kebesaran Allah yakni Sang Pencipta dalam agama Islam serta memberitahukan bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah yang membawa agama Islam untuk umatnya. Nasyid yang diteliti dapat mempengaruhi pendengar secara pisitif khusunya aspek afektif (berhubungan dengan emosi) dan aspek kognitif (berhubungan dengan pengetahuan). Selain itu nasyid ini tidak lagi murni dakwah melainkan dipengaruhi juga idealism mencari keuntungan materi.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPTUNMERPP
OrganisasiDiploma 3 of Accounting Merdeka University Malang
Nama KontakDra. Wiwik Supriyanti, SS
AlamatJl. Terusan Halimun 11 B
KotaMalang
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0341-563504
Fax0341-563504
E-mail Administratorperpus@unmer.ac.id
E-mail CKOwsupriyanti@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Editor: Wiwik Supriyanti, Dra. SS.