Path: Top Journal Jurnal_Teknik_Mesin_Transmisi 2010

ANALISIS FATIQUE LIFE CYCLE PADA HIGH PRESSURE TURBINE NOZZLE TERHADAP EXHAUST GAS TEMPERATURE ENGINE CFM56-3

Jurnal Transmisi, Volume VI Edisi 2, September 2010
Journal from JIPTUNMERPP / 2012-01-26 06:52:34
Oleh : Agus Pramono, Department of Mechanical Engineering Merdeka University Malang (mesin@unmer.ac.id)
Dibuat : 2010-02-01, dengan 0 file

Keyword : Cycle Fatigue Life, Pressure Turbine Nozzle, Engine CFM56-3

Cycle fatigue life merupakan suatu siklus yang menunjukkan gejala kelelahan yang dialami material, yang diakibatkan oleh suatu proses melemahnya kekuatan material yang terdapat pada suatu komposisi material terhadap material dasar (nuclei) terhadap pengaruh temperatur dan pressure yang dialami oleh suatu material pada engine CFM56-3. Adapun high pressure turbine nozzle merupakan hal yang akan dibahas dalam analisa cycle fatigue dengan sebuah
material yang dimilikinya dengan nama directionally solidified rene 142 (DSR142). Adapun gejala-gejala yang akan timbul dalam proses fatigue terdapat dua kategori yaitu low cycle fatigue dan high cycle fatigue. Low cycle fatigue ialah suatu plastic dan elastic deformasi yang terjadi akibat pengaruh shock temperature pada saat turbin di
on-off atau start-stop, sedangkan high cycle fatigue sendiri ialah low load elastic defomasi terjadi akibat adanya suatu variasi tekanan gas yang disebabkan oleh proses pembakaran.

Deskripsi Alternatif :

Cycle fatigue life merupakan suatu siklus yang menunjukkan gejala kelelahan yang dialami material, yang diakibatkan oleh suatu proses melemahnya kekuatan material yang terdapat pada suatu komposisi material terhadap material dasar (nuclei) terhadap pengaruh temperatur dan pressure yang dialami oleh suatu material pada engine CFM56-3. Adapun high pressure turbine nozzle merupakan hal yang akan dibahas dalam analisa cycle fatigue dengan sebuah
material yang dimilikinya dengan nama directionally solidified rene 142 (DSR142). Adapun gejala-gejala yang akan timbul dalam proses fatigue terdapat dua kategori yaitu low cycle fatigue dan high cycle fatigue. Low cycle fatigue ialah suatu plastic dan elastic deformasi yang terjadi akibat pengaruh shock temperature pada saat turbin di
on-off atau start-stop, sedangkan high cycle fatigue sendiri ialah low load elastic defomasi terjadi akibat adanya suatu variasi tekanan gas yang disebabkan oleh proses pembakaran.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPTUNMERPP
OrganisasiDepartment of Mechanical Engineering Merdeka University Malang
Nama KontakDra. Wiwik Supriyanti, SS
AlamatJl. Terusan Halimun 11 B
KotaMalang
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0341-563504
Fax0341-563504
E-mail Administratorperpus@unmer.ac.id
E-mail CKOwsupriyanti@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Editor: Wiwik Supriyanti, Dra. SS.