Path: TopMemberambar@unmer.ac.id

Peran Pustakawan dalam Membangun Komunikasi Efektif dengan Pengguna Perpustakaan : Perspektif Komunikasi Verbal dan Non Verbal

Proceeding from JIPTUNMERPP / 2013-09-28 16:53:21
Oleh : Rus Ambarwati, Merdeka University Malang (bukbay@yahoo.com)
Dibuat : 2013-09-28, dengan 0 file

Keyword : pustakawan, pengguna, komunikasi efektif, komunikasi verbal, komunikasi non verbal
Subjek : COMMUNICATION, LIBRARY

Salah satu keberhasilan layanan perpustakaan bergantung pada sejauhmana kemampuan pustakawan di dalam mengkomunikasikan dengan tepat segala potensi yang dimiliki oleh perpustakaan kepada penggunanya. Kemampuan pustakawan di dalam menyampaikan pesan dengan tepat dapat menimbulkan kepuasan kepada pengguna. Tetapi kenyataan yang sering terjadi di lapangan adalah timbulnya ketidakpuasan dari pengguna yang disebabkan oleh sikap maupun cara berkomunikasi pustakawan yang tidak memperhatikan “rambu-rambu” berkomunikasi yang benar. Makalah ini bertujuan untuk mengetahui gambaran komunikasi efektif, baik verbal maupun non verbal yang perlu dipahami oleh pustakawan. Tulisan ini merupakan sharing pengalaman dan pengamatan penulis terhadap kasus-kasus yang terjadi di perpustakaan sebagai akibat dari proses komunikasi dengan diperkuat oleh teori-teori komunikasi yang relevan. Dari hasil kajian toritis serta pengamatan tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa selain faktor kompetensi pustakawan, penyampaian komunikasi baik verbal maupun non verbal yang didasarkan pada etika komunikasi dapat menimbulkan kepuasan dan kepercayaan dari pengguna perpustakaan

Deskripsi Alternatif :

Salah satu keberhasilan layanan perpustakaan bergantung pada sejauhmana kemampuan pustakawan di dalam mengkomunikasikan dengan tepat segala potensi yang dimiliki oleh perpustakaan kepada penggunanya. Kemampuan pustakawan di dalam menyampaikan pesan dengan tepat dapat menimbulkan kepuasan kepada pengguna. Tetapi kenyataan yang sering terjadi di lapangan adalah timbulnya ketidakpuasan dari pengguna yang disebabkan oleh sikap maupun cara berkomunikasi pustakawan yang tidak memperhatikan “rambu-rambu” berkomunikasi yang benar. Makalah ini bertujuan untuk mengetahui gambaran komunikasi efektif, baik verbal maupun non verbal yang perlu dipahami oleh pustakawan. Tulisan ini merupakan sharing pengalaman dan pengamatan penulis terhadap kasus-kasus yang terjadi di perpustakaan sebagai akibat dari proses komunikasi dengan diperkuat oleh teori-teori komunikasi yang relevan. Dari hasil kajian toritis serta pengamatan tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa selain faktor kompetensi pustakawan, penyampaian komunikasi baik verbal maupun non verbal yang didasarkan pada etika komunikasi dapat menimbulkan kepuasan dan kepercayaan dari pengguna perpustakaan

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPTUNMERPP
OrganisasiMerdeka University Malang
Nama KontakDra. Wiwik Supriyanti, SS
AlamatJl. Terusan Halimun 11 B
KotaMalang
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0341-563504
Fax0341-563504
E-mail Administratorperpus@unmer.ac.id
E-mail CKOwsupriyanti@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Editor: Ambarwati