Path: Top » Journal » Jurnal Manajemen: Untuk Ilmu Ekonomi dan Perpustakaan » 2015

PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA BAGI UKM (USAHA KECIL MENENGAH) PADA ONLINE MARKETPLACE

Jurnal Manajemen: Untuk Ilmu Ekonomi dan Perpustakaan: Volume 1, Nomer 1, Agustus 2015
Journal from JIPTUNMERPP / 2017-07-17 09:43:53
Oleh : Ervian Permana, Library University Merdeka Malang
Dibuat : 2015-08-01, dengan 0 file

Keyword : Usaha kecil menengah, sosial media, online marketplace, Small medium enterprises, Social media, Online marketplace
Url : http://drive.google.com/file/d/0B0uNqoBLtJGvZ0lMdGdkNERfVXM/view?usp=sharing

Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dikenal sebagai salah satu kontributor utama bagi pertumbuhan ekonomi, pembangunan dan pekerjaan. Tulisan ini akan membahas bagaimana menggunakan media sosial untuk UKM di pasar online. Hubungan pelanggan yang baik 'adalah penting untuk keberhasilan usaha kecil dan media sosial menfasilitasi pengembangan hubungan. UKM memiliki dua masalah, yaitu masalah internal dan eksternal. Perusahaan dapat menggunakan jaringan sosial untuk membentuk hubungan dengan pelanggan. Namun, E-Commerce di Indoinesia belum dapat benar-benar membantu bisnis karena faktor-faktor seperti sumber daya terdidik dan informasi, kesadaran, adopsi rendah, infrastruktur teknologi terbatas dan pengetahuan individu. Kegiatan pemasaran melalui aplikasi online yang memungkinkan produksi informasi dan menjadi berkolaborasi antara pengguna (Kaplan dan Haenlein, 2010) dan mobile dan berbasis web teknologi leverage untuk membuat media interaktif di mana pengguna dan kelompok berbagi anggota, co-menciptakan, membahas, dan memodifikasi dikenal sebagai user-generated content (Kietzmann, dkk, 2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi media sosial di UKM kemudahan, fleksibilitas, dan biaya. Namun, penggunaan media sosial juga Ancamannya untuk perusahaan, pertama, perusahaan ini tidak siap dengan keluhan pelanggan Memberikan melalui media sosial. Kedua, pelanggan menyoroti produk berbahaya melalui media sosial, dan banyak praktik yang tidak etis yang dilakukan oleh perusahaan.

Deskripsi Alternatif :

Small Medium Enterprises (SMEs) is known as one of major contributors for economic growth, development and jobs. This paper is going to discuss how is social media uses for UKM on online marketplace. Good costumersÂ’ relationship is important for small business success and social media faciliates its relationship development. SME has two problems, which are internal and external problems. Companies can use social networking to shape relationship with customers. However, E-Commerce in Indoinesia has not able to really help business because factors such as educated and information resource, awareness, low adoption, limited technology infrastructure and individual knowledge. Marketing activities via online applications that allow the production of information and being collaborate among users (Kaplan and Haenlein, 2010) and leverage mobile and web-based technologies to create interactive media where users and groups member sharing, co-creating, discussing, and modifying known as user-generated content (Kietzmann, dkk, 2011). Factors that influence social media adoption on SMEs are easiness, flexibility, and cost. However, social media use is also threaths for company, first, company is unready with customersÂ’ complaints deliver through social media. Second, costumers highlight dangerous products through social media, and many unethical practices done by the company.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJIPTUNMERPP
OrganisasiLibrary University Merdeka Malang
Nama KontakDra. Wiwik Supriyanti, SS
AlamatJl. Terusan Halimun 11 B
KotaMalang
DaerahJawa Timur
NegaraIndonesia
Telepon0341-563504
Fax0341-563504
E-mail Administratorperpus@unmer.ac.id
E-mail CKOwsupriyanti@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Editor: Wiwik Supriyanti, Dra. SS.